Welcome to My Blog :)

Selamat Datang Di Blog saya

Jumat, 04 November 2011

4 Golongan orang yang dirindukan Surga dan Neraka

Surga rindu terhadap 4 (empat) golongan manusia :1. Orang yang gemar membaca Al-Quran;
2. Orang yang memelihara lisan dari ucapan yang keji dan mungkar;
3. Orang yang memberi makan yang sedang kelaparan'
4. Orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan.



Golongan pertama adalah golongan manusia yang suka membaca dan mempelajari Al Quran. Sebagaimana nasehat nabi yang mengamanahkan umatnya untuk belajar tanpa peduli umur dari lahir hingga masuk ke liang lahat. Satu2nya bacaan yg berpahala hanyalah membaca Al Qur'an.
Membaca Al Qur'an dgn lancar maka setiap huruf akan mendapatkan pahala 1. Dan bagi yg belum lancar membacanya akan mendapatkan pahala 2 per huruf.


Golongan kedua, adalah golongan orang yang bisa menjaga lisannya sebagaimana hadist nabi yang berbunyi “Akan selamatlah manusia yang bisa menjaga mulutnya”. Lisan dapat menyebabkan orang saling bemusuhan dan bercerai berai. Maka alangkah baiknya bila bulan Ramadhan ini dapat dimanfaatkan untuk belajar menjaga lisan.


Golongan ketiga yang dirindukan surga Allah adalah golongan orang yang gemar memberi makan orang yang lapar dan berpuasa. Ibadah puasa mengajarkan manusia untuk mengerti dan memahami apa yang dirasakan saudaranya. Memberikan makan kepada orang yg berbuka puasa juga berpahala sangat besar. Sebagaimana Hadits Beliau SAW "Orang yang memberi makan orang yang berpuasa akan memperoleh pahala seperti orang yang puasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang itu."


Golongan keempat yang dirindukan Allah adalah golongan orang-orang yang ikhlas berpuasa di bulan Ramadhan. Sebuah riwayat menceritakan betapa para sahabat nabi merasa sedih dan menangis karena akan ditinggal bulan Ramadhan. Para sahabat tersebut berdoa agar bulan Ramadhan dapat berlangsung sepanjang tahun. Dengan riwayat tersebut dapat disimpulkan betapa besarnya berkah dan anugrah yang ditawarkan Allah melalui bulan Ramadhan. 


Orang yang dirindukan Neraka :
1.  Orang yang meninggalkan shalat fardhu
2.  Orang yang tidak memberi makan orang miskin (tidak berzakat).
3.  Pemakan riba dan mengambil harta orang lain dengan jalan tidak benar seperti korupsi
4.  Orang yang durhaka kepada orangtuanya dan pemutus silaturrahmi.
5.  Orang yang bersaksi dan bersumpah palsu.
6.  Para pemimpin dan wakil rakyat yang zalim dan aniaya kepada rakyat.
7.  Peminum khamar atau peminum minuman keras dan pemakai narkoba.
8.  Penyogok dan penerimanya.


Berikut ini Malaikat jibril sembari menemui malaikat Malik penjaga neraka. Lalu Malik bertanya: “Berapa banyaknya diperlukan?


Jibril menjawab : “Sebesar buah kurma”

Malik berkata : “Kalau api neraka sebesar buah kurma diletakkan di dunia, tujuh lapis langit dan bumi semuanya akan hancur lebur”.

Jibril berkata: “Berikan seperduanya saja?”

Malik Menjawab : “Neraka sebesar seperdua biji kurma diletakkan di dunia maka langit tidak bisa lagi menurunkan hujan dan bumi menjadi kering”

Jibril kembali kepada Allah dan bertanya sebesar apa api neraka yang bisa diambil. Allah SWT menjawab : “Cukup sebesar zarrah (benda terkecil)”.

Api neraka-pun diambil sebesar zarrah, kemudian disiram dengan banyak air; dan diletakkan di atas sebuah gunung yang besar di permukaan bumi. Gunung itu hancur lebur, dan api neraka itu dikembalikan lagi ke tempatnya semula; sehingga yang tertinggal hanyalah asapnya.

Sebesar apa pun api di dunia hanyalah asap dari neraka saja. Mendengar hal ini, Rasulullah SAW tidak pernah lagi tertawa terbahak-bahak. Rasul hanya tersenyum kecil, mengingat betapa dahsyatnya api neraka itu.




Mari kita intropeksi diri, agar kita tidak masuk ke dalam siksa api neraka tersebut. dan juga semoga kita tidak termasuk orang yang tercantum diatas. AMIN YA ROBBAL 'ALAMIN. 



SEMOGA INI BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA









1 komentar:

  1. Subhanallah, tausiyah yg menambah wawasan akhirat......!

    BalasHapus